Senin, 11 Agustus 2014

Anak SD yang Belum Faham Bahasa Indonesia

Anak SD yang Belum Faham Bahasa Indonesia

Kali ini ane mau cerita tentang pengalaman ane yang masih ane inget waktu SD dulu, ane kenalin dulu ya, ane itu lahir di daerah sunda yang agak kasar yaitu di daerah tangerang, sementara ane dari kecil udah diajarin sunda alus yah.. tapi masih ancur-ancuran juga sih hehehe... karena bahasa adalah budaya, jadi setiap anak yang dari kecilnya sudah dicekokin sama bahasa daerah di sini wajar kalau mereka ga bisa bahasa Indonesia bahkan bahasa sunda yang halus. Tapi semua itu malah menjadi hal yang bikin ane ngakan pemirsah hahahaha.. sampe sekarang kalo ane inget-inget ane masih pengen ketawa ngingetnya, langsung aja meluncur ke  TKP



Waktu itu pelajaran bahasa sunda dengan materi kalimat-kalimat yang ada dalam bahasa sunda, pada saat pertanyaan yang kira-kira seperti ini “naon arti kecap….??”  tapi waktu ane mau ngumpulin, ane iseng-iseng liat jawaban temen ane yang udah ada di meja guru duluan.. ente tau gag an apa jawabannya??
1. Naon arti kecap…???
Jawab:
          Kecap bango,

Ane langsung pengen ngakak dan seketika itu pula ane berpikir?
“WTF!!! perasaan ga ada yang namanya kecap bango”

Lebih dari itu pemirsah waktu ane kelas 4 pelajaran bahasa sunda juga, waktu itu disuruh  buat surat dengan bahasa sunda alus. Ane malemnya langsung minta bantuan ibu ane gimana tata bahasa sunda yang bagus untuk bikin surat izin ga masuk sekolah, akhirnya selesai lah surat ane, dan besoknya ketika di suruh ngumpulin tugas sama pak guru, maka menunjuklah pak guru salah seorang diantara kami, ane agak lupa siapa orangnya dia maju dan membacakan suratnya kira-kira begini bunyinya:

nu panghormat pak guru
Sajalan sareng dongkapna surat ieu bade nerangkeun nyaeta anak abdi teu tiasa asup sakola kusabab teu damang, Ampunn….

Ane waktu itu langsung ngakak gan, jadi bahasa alusnya maaf itu ampun?? hahahahwkwkwkwk.. kalo ane inget masa-masa itu lucu bener dah hahaha..
Apalagi waktu ada pelajaran peribahasa banyak yang ga ngerti apa arti dari sebuah peribahasa sampe mereka salah kaprah dalam mengartikannya seperti yang dibawah ini. Sebenernya waktu itu juga ane cari-cari juga di buku peribahasa SD hohohoho.

ada udang dibalik batu

Ente pasti gak bakal nebak apa yang temen SD ane jawab
“jawab:
Batu kolar

Gw waktu itu
“????”


Tidak ada komentar:

Flag Counter

Posting Komentar